Kamis, 29 November 2012

nikotin


Nikotin adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan (Solanaceae) seperti tembakau dantomat. Nikotina berkadar 0,3 sampai 5,0% dari berat kering tembakau berasal dari hasil biosintesis di akar dan terakumulasi di daun. Nikotin dapat disintesis dari sebuah asam amino yaitu ornitin. Biosintesis nikotin dari asam amino ornitin dapat dibuat skema seperti ini :
 uwimyname88.blog.com/files/.../alkaloid-nikotin-mantap-bener
Pada biosintesis nikotin, cincin pirolidin berasal dari asam amino ornitin   dan cincin  piridin  berasal  dari  asam  nikotinat  yang  ditemukan  dalam  tumbuhan tembakau. Gugus amino yang  terikat pada ornitin digunakan untuk membentuk cincin pirolidin dari nikotin.
Nikotin dapat diisolasi dari daun tembakau kering   dengan  cara  soxhletasi  menggunakan  pelarut  metanol  kemudian dilakukan  penggaraman  dengan asam dan ekstraksi alkaloid dengan basa. Ekstrak        yang    diperoleh            kemudian        dimurnikan      dengan            KLT,   dan kromatografi kolom. Setelah itu dianalisis menggunakan IR, UV, dan GC- MS.
Dari  hasil   analisis   KLT   menggunakan   larutan   pengembang metanol didapatkan harga Rf = 0,725. Hasil analisis spektra IR menunjukkan adanya  gugus  amina  tersier  aromatis,  gugus  metil,  gugus  amina  tersier alifatis, dan ikatan C-H aromatis. Hasil kromatogram GC-MS menunjukkan senyawa nikotin muncul pada puncak dengan  waktu retensi = 9,245 s dan indeks kemiripan 63 %, hal ini menunjukkan bahwa dalam daun tembakau terdapat  alkaloid  nikotin.  Hasil  dari  spektrofotometer  UV  menghasilkan panjang       gelombang       maksimum            206      nm       yang    menunjukkan   adanya kearomatisan dari cincin piridin dalam nikotin.


1 komentar:

  1. pada biosintesis nikotin dari asam amino ornitin sebelum terbentuk nikotin terjadi reaksi pembentukan asam nikotinat. bagaimana reaksi tersebut terjadi dari molekul ornitin yang telah mengalami deaminasi, darimana gugus karboksilat pada asam nikotinat itu terbentuk ?

    BalasHapus